Perpanjang STNK

Wednesday, May 19th, 2010

Bagi teman-teman yang ingin mengurus perpanjangan STNK (baca:bayar pajak tahunan STNK mobil) di samsat, harap membawa :

  1. KTP asli, yang sesuai dengan identitas pemilik yang tertera di BPKB
  2. STNK asli
  3. Fotokopi KTP
  4. Fotokopi STNK
  5. Fotokopi BPKB

Prosedurnya adalah :

  1. Ambil formulir pendaftaran perpanjangan STNK, dan isilah
  2. Ambil nomor antrian
  3. Serahkan form yang sudah diisi ke loket pendaftaran, beserta dokumen-dokumen yang sudah anda siapkan, beserta nomor antrian
  4. Duduk, tunggu nomor antrian anda disebut
  5. Kalau nomor antrian anda sudah disebut, itu saatnya anda ambil berkas, dan bawa berkas itu ke kasir, lalu, bayarlah…
  6. Setelah bayar, duduk lagi😀
  7. Duduk aja terus, sampe nomor polisi mobil anda disebut
  8. Kalau nomor polisi mobil anda disebut, itu saatnya anda ngambil STNK asli dan bukti pembayaran pajaknya
  9. Selesai😀

Kemarin saya urus perpanjang STNK di samsat, depan plasa semANGGI. Samsat tersebut deket banget sama kantor saya. Kalo dari samsat, tinggal lurus aja kalo mau menuju samsat. Tapi… Secara jalan di Jakarta itu kebanyakan satu arah, saya jadi bingung gimana cara balik ke kantor.😦

Hasilnya, saya muter-muter ga jelas sekitar 40 menit di SCBD. Nyari jalan pulang ga nemu-nemu. Nanya ke beberapa satpam, jawabannya ga ada yang sama. Ada yang bilang kesana, kesono, kesini. Hiks. Jadi pengen nangis di pinggir jalan. Kalo saya ga inget kalo saya anaknya bapak ibu saya, saya udah nangis teriak-teriak di pinggir jalan😀 [apa hubungannya ya? adakah?]

Untunglah saya menyadari dengan cepat, bahwa tangisan tidak menyelesaikan persoalan.Tapi kesabaran lah yang bisa. Dengan perjuangan luar biasa (hehe, berlebihan), akhirnya saya nyampe kantor. Dengan muka kusam, kucel, bau keringet.

Sesampainya di kantor, temen-temen saya nanya, kenapa muka saya aneh banget (alias sangat tidak bersemangat dan kayak anak ilang). Saya bilang aja, ‘Saya nyasar euy, nggak tau jalan pulang ke Wismul dari Samsat(Komdak depan plasa semANGGI).  dan… komen temen-temen saya adalah sebagai berikut :

  1. ‘sampean ae jalan lurus koyok ngono iso nyasar…weleh-weleh.. wismul-komdak lho, lurus aja..’
  2. ‘salah pak Dad (baca: manager saya) tuh, nularin penyakit ga tau jalan ke anak buah…’  [muahaha, pak dad cuma bengong denger komen temen saya, maklum, beliau juga orang yang ga tau jalan, kalo bawa mobil sendirian, pasti nyasar, makanya kalo dia pergi harus sama istrinya….😀 ]
  3. ‘kenapa ga buka google earth aja mbak anggi…?’  [whatt?? kmu pikir aku kepikiran ngenet trus buka google earth di laptop?? on the middle of something? on the middle of traffic jam, hot weather?? mending saya beli es kelapa muda daripada ngenet buka google earth di pinggir jalan… panasss.]
  4. ‘kenapa ga telpon hendra aja mbak anggi? dia tau semua jalan di jakarta..’  [mana gw tauuu dia ngerti jalan di jakarta.. gw ga pernah wawancarai dia sebelumnya.]
  5. ‘sendirian ke sana? darlingnya mana darlingnya?’ [hmmmfffhhhh….]

Ya, begitulah.. Alhamdulillah, perpanjang STNK beres, pengetahuan saya soal jalanan jakarta jadi nambah.. Have a nice day!

2 comments on “Perpanjang STNK

  1. laen kali bawa peta ya say…. jgn sampai kau hilang. heuuu

    • huhuhu..
      thanks sarannya.
      tapi liat peta juga akan membingungkan, karena di peta tidak ketahuan apakah itu jalur searah atau dua arah, dan tidak diketahui juga apakah itu jalur motor atau non motor..😦

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: